Sabtu, 26 Oktober 2013

FAKULTAS UNESA


UNESA, nah…..Uneversitas yang satu ni special. Tau kenapa? Karena UNESA punya banyak wilayah. Yang pertama ada di Ketintang, trus agak kebarat dikit ada Lidah Wetan,lanjut ke selatan ada Gedangan, trus ada juga yang di Mustopo ama Teratai.
Kita mulai kampus Ketintang. Di Ketintang yang merupakan pusat kegiatan UNESA, punya beberapa Fakultas, antara lain:
1. FMIPA (Fakultas Matematika dan IPA)
Di FMIPA ini ada beberapa jurusan yaitu Matematika, Biologi, Fiska, Kimia, baik yang kependidikan ataupun keilmuaan. Sementara
ada jua yang namanya jurusan SAINS. Nah bedanya di SAINS ni Cuma ada program kependidikan aja, ga da yang keilmuan. Di FMIPA ini banyak mencetak generasi berprestasi unggul yang tak kalah dari Universitas lain.
2. FIS (Fakultas Ilmu Sosial)
FIS-nya UNESA sekarang udah keren loh. Ga kalah kerennya ama Universitas ternama sekalipun. Ko bisa? Ya iyalah, masa ya iya donk.Disini tersedia jurusan Sejarah,PMPKn,Geografi, Sosiologi and ga kalah presticenya UNESA uda punya jurusan HUKUM,karena ini jurusan yang lagi fresh, banyak dicari ,dan tentunya akan melahirkan para ahli dalam bidang hukum.
3. Fakultas Teknik
Waw, dari namanya udah maskulin banget ya… ya emang pada faktanya disini banyak jurusan yang membutuhkan tenaga ekstra kerena disini ada jurusan Mesin, Bangunan,dan Sipil. Eits, buat yang punya jiwa sabar n kreatifnya tinggi ada juga jurusan Tata Boga, Tata Busana,PKK. Jangan salah UNESA pernah menyabet juara dalam lomba membuat Robot,tingkat nasional lagi. Di tata Busana prestasinya juga segudang.Jadi tenang aja FT UNESA kereeeen.
4. Fakultas Ekonomi
Hai semwa sobat-sobatku, Ketemu jua akhirnya kita disini. Yap, kami dari Green Campus,hmm…maksudnya UNESA, lihat aja foto di bawah ijo banget’kan!!
Fakultas Ekonomi menaungi Jurusan Ekonomi,Akuntansi,dan Management. Klo kamu mau ketemu ama tokoh idola pendidikan ya tepatlah jika kalian masuk FE UNESA. Tau sapa yang dimaksud? Ki Hadjar Dewantara. So, ga akan menyesal milih FE nya UNESA.
Nah sekarang kita meluncur ke ujung barat, yaitu kampus Lidah Wetan. Di Lidah Wetan ada tiga kampus yang berdiri kokoh disini.
1. Fakultas Ilmu Pendidikan
Fakultas yang amat kental dengan nuansa kependidikannya. Disini ada yang namanya PGSD (Pendidikan Guru SD). Guru yang amat berjasa dalam sejarah perjalanan pendidikan kita.
Selain tu di FIP ini ada jurusan Bimbingan Konseling,Pendidikan Luar Sekolah, Tekhnologi Pendidikan,Management Pendidkan,dan Psikologi. Selain tu ada PGTK yang dibawah naungan FIP,hanya saja tempatnya terpencar di Teratai. Sementara ada juga yang di Gedangan yaitu Pendidikan Luar Biasa.
2. Fakultas Bahasa dan Seni
Fakultas yang amat majemuk,unik dan berbudaya tinggi,karena disini terdiri dari jajaran bahasa dan kesenian. Baik bahasa negri atau asing. Jurusan yang ada yaitu Bahasa dan Sastra Indonesia,Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah(Jawa),Bahasa Jepang,Bahasa Jerman and  Bahasa Inggris beserta departmentnya yaitu D3 Business English.
Selain literature bahasa ada juga aparat seni kaya jurusan Seni Drama Tari dan Musik,D3 Desain Grafis,Seni Rupa,dan P3TV.Prestasi yang disabet FBS-nya UNESA uda amat terkenal,mulai dari juara debat bahasa inggris nasional sampai pengiriman mahasiswa ke Jerman dan Jepang.

3. Fakultas Ilmu Keolahragaan

Seketika orang akan berfikir, FIK=Fakultas Ilmu Kedokteran. Jangan salah disini malah bukan hanya kedokteran tapi juga kanuragan…maksudnya di FIK ini cikal bakal dari para pengharum nama bangsa. Disini ada tiga jurusan yang amat tangguh yaitu:Pendidikan dan Kepelatihan Olah Raga(yang mau jadi pelatih olah raga professional,disini ni tempatnya),Pendidikan Jasmani(calon guru olahraga disekolah-sekolah), dan yang terakhir Pendidikan Olahraga. Di FIK UNESA udah banyak mencetak atlit handal tingkat nasional.

 Nah itu tadi sekelumit tentang UNESA, jika mau liat lebih lanjut di web UNESA di www.unesa.ac.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar